Pages

Jumat, 30 Maret 2012

Tips Agar Anak Lebih Berani

Baru pertama kali posting, jadi tolong kalo ada kesalahan dimaklumi ya? Dan kalo ada manfaatnya ya              “ALHAMDULILLAH” (hehehe). Kita bagi-bagi tips yuk, hal yang menjadikan keluhan bagi anak adalah ketakutan dan harus diatasi dengan keberanian. ..........

    Keberanian seorang anak dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal itu sendiri salah satunya dipengaruhi temperamen si anak. Sedangkan kalo faktor eksternal adalah dorongan dan dukungan kepada si anak untuk mencoba. Selanjutnya, cara-cara menstimulasi agar anak memiliki keberanian dalam bebagai hal :
    Langkah pertama, hendaknya orangtua mampu menumbuhkan rasa aman terlebih dahulu. Caranya, dengan mendampingi anak ketika ia mau mencoba sesuatu yang baru. Langkah kedua, minta ia mencobanya sendiri. Bila perlu, orangtua juga terlibat dan bila memungkinkan dapat memberikan contoh langsung. Agar anak lebih termotivasi, ingatlah untuk memberikan penghargaan. Penghargaan berupa pelukan, pujian atau sesuatu yang lebih istimewa, umumnya mendorong si kecil untuk lebih berani.
    Bila berbagai cara sudah dicoba, namun anak belum berani juga, sebaiknya telusuri penyebabnya. Ajaklah si kecil berkomunikasi, mengapa ia menolak hal itu. Masuk usia 3 tahun, anak umumnya sudah mampu menyampaikan yang dirasakan. Selanjutnya, tugas orangtua adalah memberikan pengertian kepada anak agar kekhawatiran yang dirasakan dapat terselesaikan. Orangtua juga sebaiknya tidak memaksakan keinginan kepada anak. Ketika si kecil tidak berani mencoba permainan perosotan, alihkan dengan permainan sejenis yang memberikan manfaat sama seperti palang bertingkat, papan berjungkit dan lainnya. Anak akan senang dan manfaat untuk menstimulasi perkembangannya pun didapat. Pemaksaan terhadap anak justru menimbulkan pengalaman tidak menyenangkan bagi si kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 SERBA SERBI ANAK. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates